Miss Modern (Waki Yamato)

Miss Modern (Waki Yamato)

Hanamura Benio adalah gadis berusia 17 tahun pada era Taisho yang susah diatur. Ibunya sudah lama meninggal, oleh karena itu Benio diasuh sama ayahnya (tentara berpangkat tinggi) dan bibi pengasuh yang selalu makan ati karena kelakuan Benio yang urakan, beda banget sama feminitas Jepang. Benio berlatih kendo dan lebih suka pelajaran sastra atau berhitung daripada pelajaran kayak PKK, makanya dia sering lupa bikin peer dan disetrap sambil megang ember di luar kelas sama gurunya.

Benio menentang keras ketidakadilan terhadap perempuan dan anti perjodohan , tapi dia malah dijodohin sama seorang letnan dua bernama Ijuuin Shinobu yang pernah ngetawain Benio waktu jatuh dari sepeda pas berangkat sekolah. Rupanya perjodohan mereka adalah keinginan nenek Shinobu dan kakek Benio yang dulu cinta mereka tidak kesampaian. Setelah beberapa upaya mencegah perjodohan yang ujungnya gagal total, Benio harus menyerah dan dijemput untuk tinggal di kediaman Ijuuin agar menerima pendidikan sebagai calon istri Shinobu.

Benio nggak mengerjakan tugas rumah tangganya dengan benar supaya keluarga ini ilfil dan batal menjadikannya pengantin, apalagi kakek Ijuuin nggak suka sama kehadiran Benio jadilah dia makin males tinggal di sana. Benio sendiri bingung sama Shinobu yang santai dan nggak protes kayak dia, padahal Benio sebetulnya lumayan ada hati tapi dipendam karena ragu sama perasaan Shinobu.

Ketika Benio mulai menerima perjodohan dan sikap kakek Ijuuin yang melunak, Shinobu malah dikirim ke Manchuria untuk berperang dan diduga tewas dalam misinya. Situasi ini membuat keadaan dapur keluarga Ijuuin terombang-ambing (lebay deh :P) sehingga Benio harus bekerja sebagai wartawan untuk menghidupi keluarga Ijuuin. Dari rekan-rekan sesama reporter ini Benio mendengar ada kawanan bandit Manchuria yang dipimpin bekas tentara Jepang yang Benio duga sebagai Shinobu, dan Benio pun nekat pergi ke Manchuria untuk memastikan dugaannya.

Miss Modern (Waki Yamato) - Hanamura BenioHanamura Benio
Cewek enerjik dan paling perkasa di komik ini. Nyalinya gede banget dan nggak gampang putus asa. Dia berani nantangin Mayor Innen dengan bawa tombak gara-gara mau nuntut kenapa si Ijuuin yang dikirim ke Manchuria. Preman banget ya . Dia juga pernah masuk penjara karena berantem sama tentara, lalu dipenjara kedua kalinya karena dikira komplotan grup pemberontak dan malahan jadi napi yang paling ditakuti se-lapas perempuan. Benio diam-diam cinta sama Shinobu tapi nggak diperlihatkan karena malu. Dia depresi banget selama Shinobu nggak ada dan pernah nekat bunuh diri dengan merendam mukanya ke baskom air dan nyemplungin diri ke gentong sake yang akhirnya bikin dia teler (Benio suka mabuk). Setelah tahu kondisi Larisa, Benio memutuskan keluar dari kediaman Ijuuin dan menerima pinangan Tosei.

Miss Modern (Waki Yamato) - Ijuuin ShinobuIjuuin Shinobu
Letnan dua lady killer yang menerima banyak surat cinta tiap harinya sampe bikin Benio gerah. Shinobu lahir dari pernikahan ayah Jepang dan ibu bangsawan Jerman. Keluarga ibunya nggak terima dan menjodohkan ibunya dengan pria lain kemudian ayahnya menitipkannya ke kakek-nenek Ijuuin. Shinobu sempat amnesia dan dirawat Larisa Mikhairov yang memberinya identitas suaminya, Sasha Mikhairov. Dia hampir-hampir jarang menunjukkan perasaan cinta sama Benio sebelum pergi ke Manchuria.

Miss Modern (Waki Yamato) - Harue RanmaruHarue Ranmaru
Ranmaru tinggal di sebelah rumah Benio dan bekerja sebagai pemain kabuki yang terkenal. Meskipun dia sering menegaskan dirinya lelaki tulen, dari sikap sehari-hari Ranmaru ini gemulai banget, cengeng dan suka pake baju cewek. Jadilah tiap hari Ranmaru dikerasin sama Benio. Tapi walaupun melambai, Ranmaru naksir sama Benio dan pernah nyoba kawin lari berdua. Ranmaru ditaksir banyak cowok dan sering dapat masalah gara-gara penampilannya yang cantik ini. Btw saya nggak inget nama keluarganya, tapi dari satu sumber sih Harue.

Miss Modern (Waki Yamato) - Kitakouji TamakiKitakouji Tamaki
Sahabat Benio yang anggun dan menyetujui cara pandang Benio tentang kedudukan wanita. Mereka pernah mabuk berduaan dan akhirnya tidur di jalanan 🙂 Tamaki naksir sama Ijuuin dan patah hati pas tahu Benio bertunangan dengan Ijuuin, tapi perasaannya cepat sembuh dan merelakan mereka menikah. Tamaki pun seperti Benio, harus menghadapi perjodohan, tapi dia memilih kabur ke Manchuria untuk menyusul Onijima yang dicintainya. Cihuy!

Miss Modern (Waki Yamato) - Aoe ToseiAoe Tosei
Bos di kantor Benio. Dulu alergi sama perempuan, kalo disentuh badannya gatal-gatal tapi sembuh setelah sering bersama Benio. Tosei berasal dari keluarga perbankan yang kaya raya tapi nggak mau terikat sama keluarganya dan nggak akur sama ibunya (penyebab Tosei alergi). Tosei mencintai Benio, tapi Benio selalu mikirin Shinobu. Demi Benio Tosei mencegah ibunya mengambil alih kediaman Ijuuin.

Miss Modern (Waki Yamato) - Onijima ShingoOnijima Shingo
Anak buah Shinobu di Manchuria yang awalnya nggak patuh karena menurutnya Shinobu lembek, dan berubah menghormatinya setelah diselamatkan dari peperangan. Dia sepertinya agak naksir sama Benio, tapi sering berantem sama Tamaki yang menimbulkan benih-benih cinta di antara keduanya. Onijima tahu Sasha adalah Shinobu, tapi menyimpan rahasia ini atas permintaan Shinobu. Saya nemu nama panggilannya juga dari sebuah sumber.

Miss Modern (Waki Yamato) - Larisa MikhairovLarisa Mikhairov
Bangsawan Rusia yang menikahi adik Shinobu satu ibu, Sasha Mikhairov. Larisa kehilangan suami dan ibu mertua waktu kabur dari kejaran pasukan revolusi ke Siberia. Sasha dan ibunya tewas sedangkan Larisa selamat. Dia menemukan Shinobu yang sekarat dan merawatnya, lalu menjejali identitas suaminya kepada Shinobu. Larisa kemudian mencari suaka ke Jepang bersama Shinobu dan meminta Benio untuk tidak mengganggu ‘suaminya’. Dia menderita TBC, sakit-sakitan sehingga Shinobu yang sudah mengingat kembali masa lalunya terpaksa menemaninya karena rasa hutang budi.

Masih ada sih beberapa tokoh seperti Kichiji, Ushigoro, Kisaragi, dan Mayor Innen, tapi saya lagi males bikin yang panjang-panjang. Saya pertama kali dikenalin komik ini jaman masih SD sama salah seorang temen dan langsung suka karena ceritanya lucu bangeet, belom pernah baca komik cewek jaman dulu tapi kelakuannya slebor abis, ngga tau malu pula (tapi di jilid-jilid sebelumnya humornya berkurang ). Gambarnya bagus, artworknya khas komik jadul, jarang pake tone barangkali karena dulu motifnya terbatas. Tapi terjemahan pertama suka bikin bingung. Contohnya nama Kichiji yang pertama-tama disebut Sachiji, terus dialog di beberapa balon rasanya nggak sesuai sama adegannya. Dan yang paling bikin bingung tuh adegan pertama di volume 4 tiba-tiba Benio udah nangis aja gara-gara yang dikiranya Shinobu ternyata Sasha Mikhairov, padahal di jilid sebelumnya si Benio lagi ngobrol sama Tosei.

Ada beberapa hal yang kurang saya sukai dari Miss Modern, contohnya kaki-kaki karakter cowoknya panjang kayak galah, trus mukanya Letnan Dua terlalu cakep, jadi keliatan kurang cowok kayak Onijima, dan rambutnya panjang bergelombang (saya nggak suka cowok rambutnya bergelombang kayak gini, berasa dandy gitu), dan ending Miss Modern ini kurang nendang buat saya.

Buat sedikit info aja, Miss Modern diterbitkan pertama kali pada tahun 1975 di bawah bendera Kodansha dengan judul Jepangnya Haikara-san ga Tooru dan sudah pernah dibikin versi dorama dan anime. Di Indonesia, Miss Modern juga sudah dicetak ulang versi deluxe yang cuma terdiri dari 4 jilid (dulunya ada 7 jilid) dan mungkin sudah ada perbaikan kesalahan di cetakan pertama. Kata teman yang udah beli versi deluxe harganya mehong, kalo nggak salah 30 ribu per-jilid.

Rating dariku: 8,5/10

Advertisements

10 thoughts on “Miss Modern (Waki Yamato)

  1. Komik ini lucu bgt.bisa2nya benio mau bunuh diri cuma masukin muka ke baskom, trus masuk ke gentong air lol.
    Jangan lupa dong di jilid satu nonton opera dia adu teriak sama si letnan dua, sampe bikin rusuh dan ditendang keluar.

  2. Bikin nostalgia sama komik ini. Bacanya dulu pas masi sekolah, minjem di rental komik. Humornya oke tapi makin lama makin sedikit. Untung jilidnya nggak banyak.

  3. Bener bangettt sayy..nih komik favorit aku banget..tokoh ceweknya pemberani,pantang menyerah n kdg2 banyak tingkah lakunya yg bikin ngakak abis,sedikit banyak mengingatkan dgn karakter sanchai nya meteor garden..dimana nih bs dapetin komiknya??..Θî palembang aku udah keliling2 cari nya blm ketemu2..mhn info nya ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s