Princess (Han Seung Won)

Princess (Han Seung Won)

Sebelumnya ulasan manhwa ini pernah saya bikin di sini, tapi kurang panjang. Di blog ini saya coba bikin review yang lebih detail disertai pengenalan tokoh-tokoh yang pernah muncul. Ini adalah salah satu komik paling dramatis dan tragis yang pernah saya baca, dan sampe sekarang tetap setia nungguin lanjutannya walaupun kemungkinan kecil volume 32 rilis dalam waktu dekat. Katanya Han Seung Won cedera dan harus rehat lama. Ada juga yang bilang karena udah cukup berumur jadi terancam nggak bakal dilanjutin.

Ramira adalah sebuah negara kecil di mana sepanjang tahun bunga selalu mekar, memiliki sumber daya alam yang melimpah, dan secara turun-temurun dipimpin oleh seorang raja dan keturunannya. Di awal kisah Ramira dipimpin Raja Qaqan Pyordova yang kesehatannya buruk dan hanya memiliki satu anak, Biyon Qaqan Pyordova. Permaisuri Farah, ibu kandung Biyon sudah lama meninggal dunia karena sakit dan menyerahkan Biyon untuk diasuh ibu pengasuh, Irene yang juga memiliki seorang anak seumuran Biyon, Biancast Rodith yang biasa dipanggil Bii. Karena pekerjaan Irene, Bii tinggal di istana dan berteman akrab dengan sang pangeran bahkan saling menyukai.

Kabar kedekatan Bii dan Biyon bikin banyak petinggi kalap, terutama Perdana Menteri Bardere yang memiliki seorang putri, Eshilde. PM Bardere takut kalau nanti posisi anaknya tergusur sama Bii, karena secara status sosial Eshilde adalah cewek yang posisinya paling tinggi se-Ramira dan kemungkinan besar bakal jadi permaisuri yang bisa memberi keuntungan untuk klan Bardere. Jadi si PM menyusun rencana menyingkirkan Bii dari istana yang dicuri dengar oleh Irene. Malam itu juga Irene mengerahkan orang bayaran untuk menculik Bii dan membawanya keluar dari istana untuk tinggal dengan Vasa di Gunung Pink, sampai beberapa tahun kemudian terdengar kabar kalau Biyon yang telah menjadi raja akan memilih permaisuri. Vasa merasa kasihan dan mengajaknya kembali ke istana.

Kembalinya Bii mengejutkan Biyon yang selama ini tetap setia menunggu Bii dan mereka nekat melangsungkan pernikahan tanpa saksi. Ini nggak boleh dilakukan karena pernikahan raja harus disetujui dulu oleh negara lain. Dengan melanggar perjanjian, Ramira jelas jadi sasaran empuk aja Anatoria yang baru, Scotty Tore yang haus kekuasaan. Dia memberikan syarat kalau mau pernikahan tersebut dianggap sah, Eshilde harus jadi selirnya. Hal ini ditentang PM Bardere dan Biyon, tapi Biyon juga ingin meresmikan pernikahannya dengan Bii sehingga PM Bardere diam-diam melancarkan kudeta dengan bantuan Anatoria yang udah dari dulu kepengen banget menjajah Ramira. Meski Anatoria besar, hampir sepanjang tahun musim dingin dan bersalju. Rakyatnya banyak kelaparan karena tanah di sana jelek sedangkan Ramira punya tanah subur. Anatoria iri, makanya tuh sumber daya alam Ramira mau dikeruk terus.

Nggak sampai setahun PM Bardere merebut posisi raja sedangkan Biyon dan pengikut setianya terpaksa menyingkir dari Ramira kalau nggak mau ditangkap. Banyak orang-orang yang terbunuh termasuk orangtua Leon dan bibi pengasuh Eshilde. Bii berhasil kabur dengan Eshilde dan terpisah dari rombongan kerajaan. Mereka melarikan diri ke Corsica lalu Bii melahirkan seorang putri yang diberi nama Freya Qaqan Pyordova yang menjadi tokoh utama generasi selanjutnya.

Note: artikel di bawah terdapat spoiler. Bagi yang nggak suka bocoran silahkan cabut dari halaman ini 😄 (gambar masing-masing tokoh akan segera menyusul… kalo sempet…)

Ramira

Princess (Han Seung Won) - Biancast Rodith Biancast Rodith

Anak pengasuh yang naik derajat jadi permaisuri walaupun banyak kalangan bangsawan yang menentang. Semenjak balita Bii kekurangan kasih sayang karena perhatian Irene hanya tertuju pada Biyon. Bii waktu kecil manja dan lengket sama Biyon kayak perangko sampai Irene harus selalu mengingatkan Bii bersikap sopan dan nggak boleh terlalu akrab dengan Biyon. Bii merasa Irene membencinya tapi setelah melihat hasil dari keputusannya kembali ke istana, dia sadar kalo yang dilakukan ibunya demi dia sendiri. Bertahun-tahun Bii terpisah dari Biyon dan merawat Fri seorang diri. Setelah akhirnya mereka bertemu kembali dan mengira nggak akan terpisahkan, Bii malah tewas di tangan pasukan Bardere dan nggak menerima pemakaman yang layak sebagai permaisuri. Sebetulnya karakter Bii bukan tokoh cewek yang paling saya suka, tapi kematiannya justru yang paling bikin sakit hati.

Princess (Han Seung Won) - Biyon Qaqan PyordovaBiyon Qaqan Pyordova III

Raja terakhir Ramira. Dia cinta banget dan setia sama Bii, sampe rela melanggar peraturan supaya bisa nepatin janji buat jadiin Bii permaisurinya. Biyon luka parah usai melawan pasukan Bardere dan karena kondisi fisiknya memburuk akhirnya dia meninggal. Dengan pemakaman seadanya seperti Bii, Leo sendiri yang mengubur Biyon di tempat yang nggak orang lain tahu. Dia juga sempat ninggalin surat terakhir untuk dibaca Freya, dan itu surat yang bikin saya nangis (halah). Buat saya, Biyon memang suami dan ayah yang baik, tapi bukan kepala negara yang baik.

Princess (Han Seung Won) - Freya Qaqan PyordovaFreya Qaqan Pyordova

Freya atau yang sehari-hari dipanggil Fri, dibesarkan seperti anak orang biasa. Bii memberinya nama dari dewi mitologi Nordik. Dia hidup sederhana dengan Bii di sebuah rumah pinggir pantai Corsica. Fri juga nggak mendapat pelayanan layaknya putri kerajaan dan hanya sekali bertemu dengan Biyon seumur hidupnya, padahal Fri sangat menanti-nantikan Biyon akan datang menjemput kembali. Setelah Bii tewas, Fri pergi berkelana bersama Sei dan Jude, lalu ketemu lagi sama Leon Baida yang mengantarnya berjumpa dengan ‘Biyon’. Fri mempelajari pedang dan cara membela diri, serta tumbuh jadi gadis yang cerdas. Hubungan romantisnya masih belum jelas bakal tertuju sama siapa. Ada yang setuju Fri dengan Sibel dan banyak juga yang mau Fri sama Hiro. Sepertinya pola percintaan mereka bakal gini: Sibel naksir Freya, tapi Freya naksir Hiro, sementara itu Hiro sendiri keliatan masih terlalu cool untuk naksir anak di bawah umur. Beberapa tanda yang diperlihatkan sih, Freya naksir Hiro karena Hiro itu cakep dan kalem, dan Hiro pernah beberapa kali berasa kontak batin dengan Freya. Ngomong-ngomong saya senang Freya nggak seperti Bii yang lemah dan cengeng, malah lebih menyerupai Eshilde.

Princess (Han Seung Won) - Eshilde BardereEshilde Bardere

Cuma Eshilde karakter utama wanita Ramira dari generasi kedua yang masih hidup. Ayahnya menginginkan anak laki-laki tapi malah Eshilde yang dimilikinya sehingga Eshilde berperilaku seperti cowok. Dia kebalikannya Bii, jago menggunakan pedang, sehari-harinya kurang anggun, dan berwatak keras nomor 1 se-Princess (nomor 2-nya Hazel :D). Dia sama sekali nggak mencintai Biyon, hanya saja sebagai bangsawan harga dirinya tinggi banget dan benci sama Bii yang merebut posisi permaisuri darinya. Tapi pelan-pelan sikapnya berubah, terutama sewaktu dua-duanya kabur ke Corsica dan mengalami banyak cobaan, akhirnya sahabatan deh. Cintanya sampai sekarang cuma buat Leo, tapi masing-masing punya tugas yang harus diemban sehingga mereka belum bisa bersatu. Btw, Eshilde adalah tokoh cewek yang paling saya suka di Princess.

Princess (Han Seung Won) - Leon BaidaLeon Baida

Sebagai anak pertama keluarga Bardere yang setia pada Pyordova, Leo diberi tanggungjawab melindungi Biyon oleh ayahnya yang seorang jendral. Leo pernah mencurigai Eshilde tapi lama-lama mereka berteman dan nggak sadar sudah jatuh cinta walau keluarga mereka nggak akur. Kesetiaannya pada negara membuat Leo mau mengenyampingkan kepentingan pribadi dan menunggu bertahun-tahun demi negaranya, beda banget sama Biyon yang agak lemah dan terkesan egois. Leo dan Eshilde ini Romeo and Juliet-nya Ramira, tapi mudah-mudahan nasib mereka nggak tragis.

Sei Lane

Di mukanya ada bekas luka panjang yang didapatnya dari anak buah Ruthen Tore, dan ditambah mukanya agak seram dia sering dikira orang jahat. Sei sebetulnya mata-mata Anatoria yang bekerja atas perintah Scotty. Waktu kecil keduanya berteman tapi setelah mengenal Bii lebih jauh dia malah berkhianat. Sei mencintai Bii karena merasa Bii mirip dengan Olivia Monica, pacar gelap bapaknya. Sei ini kuat dan hebat banget. Bisa aja dia dikeroyok pasukan musuh tapi cuma dia yang selamat. Dia juga punya pengetahuan yang hebat soal tumbuhan dan pengobatan. Bii sangat mempercayainya dan Sei selalu yang paling pertama nolongin Bii kalau-kalau ada masalah. Waktu Bii meninggal, Sei trauma berat sampe rambutnya jadi putih. Sei membawa Fri dan Jude berkenala, mengasuh dan mengajari mereka cara bertarung. Tokoh ini termasuk yang paling ngenes. Dari awal hidup sampe sekarang Sei cuma mendapat sedikit kebahagiaan.

Princess (Han Seung Won) - Heroic BaidaHeroic Baida

Anak bungsu keluarga Baida. Waktu bayi Hiro sering sakit dan diramal bakal membawa perubahan besar untuk negara. Setelah Ramira kalah dan orangtuanya tewas dalam perang, Hiro ditemukan di atas menara dan Theodora mengganti namanya sebagai Hise. Hiro lalu dibawa serta ke Anatoria, berteman dengan Sibel, Beatrice, dan Alea. Dia mempunyai sifat yang tenang sehingga jadi penyeimbang Sibel yang gampang tersulut emosi. Setelah Lala meninggal, Hise, Alea, dan Lila dikirim ke kastil Monica untuk tinggal bersama Isabel. Dia lalu ditugaskan ke medan perang sebagai syarat untuk bisa mengobati Lila. Saya lupa tepatnya gimana, tapi Hiro akhirnya selamat dan berkelana bersama seorang laki-laki yang dipanggil Dian.

Jude Inka

Di malam Freya kehilangan Bii, Jude kehilangan keluarganya. Jude berasal dari keluarga yang setia pada kerajaan dan kebetulan bertetangga baik dengan Bii dan Fri tanpa tahu Bii adalah permaisuri. Nggak diceritain dengan rinci tapi sepertinya mereka juga tinggal di Corsica karena kabur dari pemerintahan PM Bardere pasca kudeta. Keluarganya diam-diam menyimpan harta di sebuah gua dan ayahnya berencana menyumbangkan harta-harta itu untuk dana perang Ramira usai Biyon mengajak mereka pergi dari Corsica. Jude sangat dekat dengan Fri, kadang seperti adik kadang juga nunjukin tanda-tanda naksir Fri. Jude remaja seperti pamannya yang jelalatan kalo ngeliat cewe cakep.

Irene Rodith

Irene dan Raja Qaqan, seperti kedua anak mereka sebetulnya saling mencintai, dan karena terhalang status sosial cinta kandas di tengah jalan. Raja Qaqan harus menikahi Perrmaisuri Farah dari negara Corsica dan Irene mencoba melupakan kisah kasihnya dengan menerima pinangan seorang pria biasa bernama Ferdian Rodith. Ketika Ramira kalah dan anggota kerajaan lain berhasil kabur dari istana, Irene tertangkap dan dikurung di menara. Sebetulnya Eshilde pernah menemuinya dan mengajaknya kabur, tapi Irene malah menolak. Lady Bardere beberapa kali menjenguk sekedar untuk berbincang-bincang walaupun Irene nggak pernah bicara. Kemungkinan keduanya bakalan kabur dari istana juga. Ah entahlah, ceritanya benar-benar bikin penasaran.

Ferdian Rodith

Saya nggak pernah nyangka kalo kakek-kakek tua yang berkelana bareng Hiro ini rupanya adalah bapaknya Bii. Pernah dulu nongol bentar pas flashback tapi belum keriputan dan masih ganteng. Dia lebih dikenal sebagai Dian, pemilik pulau yang entah berada di mana dan entah apa pekerjaannya. Tapi kalo diliat dari pekerjaan Biche, mungkin dia juga bajak laut.

Princess (Han Seung Won) - Chelsea InkaChelsea Inka

Pamannya Jude yang tinggal bareng keluarga kakaknya di dekat rumah Bii. Di balik sifat ganjennya, Chelsea lumayan bisa bertarung. Dia sempat terpisah dari Jude tapi berkat pertemuannya dengan Biche mereka bisa bertemu lagi. Sepertinya naksir Eshilde.

Lilin

Supaya ayahnya yang pemabuk nggak mengirim adiknya, Lala, untuk menjual diri, Lilin terpaksa harus melacur kepada Scotty Tore, bangsawan Anatoria yang sewaktu itu sedang bersinggah ke Ramira. Lilin dan Lala kabur ke gunung setelah tahu Lilin mengandung, dan mereka diselamatkan oleh Bii sampai Sibel lahir. Setelah Bii kembali ke istana, pasukan Anatoria datang dan membunuh Lilin. Kasian ya.

Biche

Bajak laut yang menemukan Sei terombang-ambing di laut terikat pada Fri dan Jude. Biche menemukan dirinya dalam diri Fri yang sama-sama terlantar di usia yang masih kecil, karena Biche dulu diselamatkan Dian dari medan perang dan dianggap sebagai anak sendiri.

PM Bardere dan Lady Bardere

Bardere merasa kerja kerasnya selama mengabdi disia-siakan oleh Biyon. Udah capek-capek membangun diplomasi dengan negara lain, anaknya malah nggak dapet posisi permaisuri dan cuma ditawari jadi selir di Anatoria. Ya persis tokoh politik di negara ini :P. Makanya PM Bardere kesal banget sama Bii dan Biyon, lalu menggerakkan pasukan pribadi dan berkudeta. Rencananya sukses emang, tapi dia sakit hati tahu Eshilde yang dia pertahankan malah berada di posisi musuh. Lady Bardere nggak seperti suaminya yang ambisius. Dia nggak mau maksain Eshilde menikah dengan Biyon karena takut anaknya nggak bahagia. Tapi sayangnya selama Bardere jadi raja, dia malah dimadu. PM Bardere mengangkat selir, Larissa, anak duta besar Skarde yang seumuran Eshilde. Ramira dalam kuasa PM Bardere nampaknya diperas Anatoria, dan kalo nggak salah PM Bardere pun sudah tewas di tangan Biyon.

Jendral Baida dan Lady Baida
Ayahnya Leo. Jendral Ramira kepercayaan raja yang patuh hukum. Bersama istrinya, mereka mempunyai lima anak laki-laki tapi cuma 3 yang saya tahu: Leo, Geoffany, Heroic. Jendral Baida sangat menentang pernikahan Biyon dengan Bii dan menolak menjadi saksi pernikahan mereka. Tapi dia tetap berpihak pada Biyon sewaktu perang berlangsung. Jendral Baida dan Lady Baida tewas dalam perang.

Anatoria

Princess (Han Seung Won) - Hazel HaigaHazel Haiga

Hazel lahir dari perselingkuhan Olivia dan Jay Lane, prajurit Anatoria yang saat itu mengabdi pada Ruthen Tore. Hazel menikahi bangsawan Haiga yang mukanya jelek standar banget dibanding tokoh-tokoh utama lain. Sewaktu remaja Hazel nggak menerima kasih sayang dari ayahnya karena perhatian Ruthen hanya dicurahkan untuk Isabel dan Theodora. Saat beranjak dewasa dia tumbuh jadi wanita yang bijaksana dan mampu mengimbangi kekuasaan Scotty di istana. Hazel juga yang mengangkat Sibel jadi anaknya dan menolong Lala yang hampir dihukum oleh pengawal Scotty sewaktu pertama kali tiba di Anatoria. Dia mendukung Sibel menjadi pewaris takhta Anatoria dan biasanya mengurus kekacauan yang diciptakan penghuni lainnya. Hazel memiliki seorang putri bungsu, Claire, dan putri sulung bernama Beatrice yang sifatnya agak mirip Eshilde.

Princess (Han Seung Won) - Lala MonicaLala Monica

Lala kabur bersama kakaknya ke Gunung Pink setelah melawan ayah mereka yang menyiksa Lilin karena menolak menggugurkan kandungan. Lala sangat menyayangi kakaknya dan mengasuh Sibel seperti anak sendiri. Di Anatoria, Lala yang masih punya harga diri tidak mau ditiduri begitu saja oleh Scotty, sehingga Scotty yang kadung ngiler sama Lala mengangkat derajatnya dari cewek kumuh miskin menjadi seorang selir kesayangan Scotty. Bersama Hazel dia memperjuangkan nasib Sibel agar diangkat sebagai putra mahkota. Lala dekat dengan Bii dan Theodora tapi sayang banget mereka nggak pernah ketemu lagi. Lala meninggal setelah melahirkan Lila, dan nggak sempat mengatakan perasaan cintanya pada Scotty.

Theodora Tore

Putri bungsu Ruthen Tore dari pernikahannya dengan Isabel. Theodora sangat baik dan agak pemalu. Dia sebetulnya ingin bergaul dengan Scotty dan Hazel seperti saudara pada umumnya, tetapi karena tingkah Isabel yang nyebelin Theodora pun nggak bisa berbuat apa-apa. Theodora pernah mengenal Bii cukup dekat sewaktu harus jadi tawanan di istana Ramira. Setelah balik ke Anatoria dia dikirim Scotty ke Skarde untuk dinikahkan dengan Yapha.

Scotty Tore

Anak sulung Ruthen Tore yang mewarisi sifat bapaknya. Scotty melakukan kudeta makanya bisa naik takhta. Dia beberapa tahun lebih tua dari Biyon dan bener-bener playboy. Empat orang anaknya berasal dari empat wanita berbeda, dan selain mereka masih ada perempuan-perempuan lain yang pernah mampir ke ranjangnya. Scotty pernah memandang rendah Lala, tapi ternyata Lala ngga bisa diremehkan dan lama-lama Scotty menaruh hati walau caranya seringkali kasar. Setelah Lala meninggal, Scotty mengusir Lila dan Alea dari istana. Tangan kanannya harus diamputasi setelah terkena racun yang ditembakkan Eshilde.

Princess (Han Seung Won) - Sibel ToreSibel Tore

Nama Sibel diberikan oleh Bii di saat Lilin mengalami persalinan yang sangat sulit. Walaupun mukanya mirip Scotty tapi sifatnya nggak kayak bapaknya, ya paling nggak belum keliatan dia haus kekuasaan dan tebar benih sana-sini. Sibel sayang sama adik-adiknya yang ditelantarin Scotty, karena dari kecil udah jadi saksi ibunya dibunuh dan Lala beberapa kali disakiti. Dia juga sebetulnya nggak gitu dipeduliin sama bapaknya, tapi karena ada Lala dan Hazel, Sibel tahan tinggal di istana. Sibel sepertinya naksir sama Fri dan saya nungguin banget kalo-kalo dia tahu rupanya Freya anaknya Bii yang dulu sering main sama dia. Hehehe.

Ruthen Tore

Dia bukan seorang raja, cuma adik beda ibu dari raja yang sebenarnya. Ruthen awalnya punya pacar, seorang pedagang kaya yang membelikannya kastil Monica, Nyonya Grethen. Tapi emang dasar nggak tahu diuntung, dia malah kawinin Olivia dan selanjutnya Olivia disakitin berkali-kali. Dia nggak akur dengan Scotty dan Hazel, dan tahu kalau Hazel bukan anak kandungnya. Ruthen akhirnya dibunuh Nyonya Grethen yang nggak tahan lagi dimadu, lalu Nyonya Grethen bunuh diri, mewariskan kastil yang ditinggalinya untuk Hazel.

Isabel Tore

Ibunya Theodora yang semula cuma seorang dayang yang iseng nyobain baju-baju Olivia yang disimpan dalam gudang. Eh rupanya ketahuan Ruthen yang lagi mabuk dan merasa Isabel mirip dengan Olivia. Isabel sangat sayang sama Theodora dan mereka kabur dari Anatoria waktu Scotty kudeta. Isabel pun dilanda duka karena Theodora pergi ke Skarde, dan akhirnya di masa tuanya Isabel terkena obesitas.

Yovina

Permaisuri Anatoria yang berasal dari Skarde, dinikahkan pada usia 17 tahun demi menambah sekutu. Wanita boros dan gampang panas. Dia nggak akur hampir dengan seluruh anggota kerajaan Anatoria, termasuk Scotty yang lebih sering ke kamar Lala daripada ke kamarnya. Dia juga sosok ibu yang galak banget. Ambisinya adalah menjadikan Derica sebagai ratu Anatoria.

Beatrice Haiga

Anak sulung Hazel yang kadang-kadang lupa cara bersikap seperti seorang wanita bangsawan. Sangat akrab dengan anak-anaknya Scotty dan kelihatannya naksir sama Hiro. Beatrice sering membela Sibel dan seperti Hazel, juga berpihak pada Lala. Nggak banyak yang bisa diceritain karena dia belum punya peran penting di sini.

Alea Tore

Anak kedua Scotty dari seorang penari, Rebecca. Ibunya dulu pernah mencelakakan Lala dan diasingkan ke kastil Monica sampai Alea lahir. Kalau Beatrice itu campuran antara Eshilde dan Hazel, Alea adalah versi mininya Theodora. Mereka sangat dekat dan Alea sempat sedih banget waktu Theodora dikirim ke Skarde. Setelah Lila lahir, dia diusir dari istana dan tinggal di kastil Monica bersama Lila dan Isabel.

Princess (Han Seung Won) - Lila ToreLila Tore

Anak Scotty dan Lala yang waktu baru lahir sakit-sakitan. Mirip ibunya dan protektif terhadap Alea. Suka membangkang pada Isabel yang sering menyebutnya sebagai pembunuh Lala, seperti halnya kelahiran Alea yang menyebabkan Rebecca meninggal. Lila mengidamkan sosok seorang ayah dan pernah menyelinap diam-diam hanya untuk melihat Scotty dari kejauhan.

Derica Tore

Anaknya Scotty dan Yovina. Namanya diambil dari nama ratu Anatoria pertama dalam sejarah. Di usianya yang masih kecil Derica harus belajar terus dan dilarang main sama Yovina, tapi mungkin saja punya bakat suka manfaatin kedudukan kayak emaknya.

Olivia Monica

Olivia keturunan terakhir keluarga Monica yang berpengaruh besar sama kerajaan, tapi keluarganya bangkrut karena kebanyakan hutang. Grethen membeli kastil Monica untuk dihadiahkan pada Ruthen Tore dan begitu Ruthen melihat Olivia, dia langsung berniat menikahi Olivia. Setelah menikah, kesalahpahaman terjadi di antara keduanya dan menyebabkan Olivia menerima KDRT dari Ruthen. Dari Jay Lane, Olivia mendapatkan cinta yang nggak bisa diberikan Ruthen dan mereka diam-diam berselingkuh sampai lahir Hazel. Tapi karena ketahuan, Jay Lane harus bunuh diri dan Olivia disuruh minum racun. Kehidupannya diceritakan khusus satu volume.

Skarde

Yapha

Pangeran Skarde yang ke ?? entahlah. Selir raja Skarde banyak banget dan anak-anaknya pun bejibun, jadi saya nggak ingat jumlah dan urutan tepatnya. Pas masih muda dia ganteng banget dan jadi idola cewek-cewek gitu, termasuk seorang dayang bernama Sietha. Tapi rupanya Yapha jatuh cinta sama majikannya Sietha, Putri Haisa. Mereka menikah lalu punya anak. Karena suatu insiden, Haisa bunuh diri dan turut menikam anaknya. Hal ini bikin Yapha trauma. Dia nggak keurus, suka mabuk, pernah punya istri lagi beberapa kali tapi semua pernikahannya gagal. Kemudian datanglah Theodora yang dengan sifat lembut dan tabahnya lama-lama meluluhkan hati Yapha. Julukannya kalo nggak salah tuh Pangeran Angin.

Princess (Han Seung Won) - ShillaShilla

Ini juga pangeran Skarde yang kesekian. Shilla mencintai Haisa jauh sebelum Yapha menikahinya, dan pernah membiarkan serangan musuh menyerang Yapha karena didengarnya Haisa tidak boleh dibunuh, tapi apa daya Haisha sendiri yang bunuh diri. Shilla juga seharusnya menikah dengan Theodora atas permintaannya, tapi Scotty malah menyerahkan Theodora untuk Yapha. Si Scotty itu emang kampret. Terus Shilla ini bakal dinikahin ke Alea.

Mamere Argo

Raja Skarde yang selirnya banyak dan anaknya lebih banyak lagi mwahahaha. Negara Skarde penuh konflik, bahkan sesama anggota istana aja ada bunuh-bunuhan. Salah satu anaknya, Mose kalo nggak salah mau perang ngelawan Yapha apa pangeran mana gitu (ini saya juga lupa), ya pokoknya perang-peranganlah sampe Theodora sempat sekarat.

Masih ada beberapa tokoh lagi sih, tapi karena pertimbangan peran mereka nggak menonjol dan kurang penggalian karakternya saya nggak nyebutin semua di sini. Bener-bener capek bikin review sepanjang ini, dan mungkin saya nggak mau lagi bikin yang sejenis karena kebetulan aja saya suka banget sama Princess dan di luar sana masih banyaaaaak yang nungguin komik ini terbit lagi. Sungguh harapan yang entah bisa terwujud atau nggak, semua tergantung Han Seung Won #pundung.

Dengan alur dewasa dan kompleks plus tokoh yang buanyak banget, Han Seung Won pintar memberikan porsi untuk masing-masing tokoh dan seringkali beliau memberikan alur-alur nggak ketebak yang setelah ngebacanya malah bikin bete. Huehehe. Princess nggak cuma berfokus pada satu tokoh utama dan pasangannya, tapi juga tokoh-tokoh lain di beberapa negara tetangga Ramira. Yah, karena Princess juga berisi cerita politik dengan banyak putri dan pangeran cakep yang saling berkaitan, rugi dong kalo mereka nggak dibikin kisah tersendiri. Dan kalau kalian sadari, campur tangan wanita pada kerajaan di sini sangat kental sampe bisa menggiring perubahan-perubahan besar seperti halnya Anne Boleyn dari Inggris yang bikin Raja Henry VIII ngebet bikin agama baru.

Han Seung Won keliatan niat banget bikin Princess. Bisa kita lihat dari artworknya yang keren banget. Pakaian-pakaian yang dipake masing-masing negara juga beda-beda. Seperti Ramira yang gaun-gaun perempuannya keliatan berdesir dan tipis, gaun bulu wanita Anatoria yang berat dan tertutup untuk menyesuaikan cuaca dingin di sana, dan juga gaun Skarde yang mirip baju Timur Tengah. Yang paling nggak saya suka cuma rambut-rambut raja-rajanya yang panjang. Kayak si Scotty ngapain sih numbuhin rambut sepanjang itu bikin repot keramasnya dan bisa berabe tuh kalo nyangkut pas lagi perang. Sisanya, ya kalo ada yang mau nambahin atau mengoreksi atau diskusi di sini silahkaaaan ^^

Rating dari saya: 9/10 deh yaaa

Advertisements

33 thoughts on “Princess (Han Seung Won)

  1. Saya termasuk yang rutin beli princess semenjak kuliah dan sampai sekarang sudah beranak-pinak masih penasaran dengan kelanjutannya. Seperti nggak ada harapan nungguin jilid selanjutnya 😦

  2. mau protes… kenapa tokoh Sei Lane gak ada gambarnya? padahalkan dia tokoh favorit aku.
    Ganteng, hebat, pinter, setia, keren, cool lagi, idaman wanita bgt…!!!
    kalo princess di bikin drama koreanya yang cocok meranin Sei itu Lee Min Ho hehehe
    ngomongin soal rambut cowok2 princess, aku sempet ngiri sama rambutnya hiro, udah panjang, lurus, hitam berkilau lagi kayak gadis tiara sunslik hahaha

  3. makasih y reviewnya, udah lama banget nggak baca liat review ini langsung inget deh. baru baca lanjutan volume 31 online katanya sih mau dilanjutin lagi jadi webtoon ma pengarangnya. Seneng deh moga2 cepet dilanjutin , udah nggak sabar nunggu 🙂

  4. episode 32 nya udah ada tapi bahasa korea,, kapan di terjemahinnya,, pas rira ketahuan sama scotty.. kangen critanya dari taun 2003 sampe sekarang ga ada lanjutan nya

  5. gw baru ketemu lagi hari ini updatenya. pertama kali baca waktu sd (punya sepupu), sempet bingung dan nggak suka gara-gara terlalu complicated dan kebanyakan tokoh yg mirip2 dan tau2 nongol (emang salah target :D)…

    tapi pas udah sma, baca ulang gara2 iseng… dan akhirnya jatuh cinta berat sama seri ini!! ternyata kalo udah jodoh pasti balik lagi!!:D

    paling suka sama pairnya scotty x lala, dan biarpun generasi Tore nasib percintaannya ga beres, gw percaya mereka mencintai dengan tulus para pasangannya (Olivia, Lala, dan…). pasti ini semua kutukannya ny. Grethen makanya cintanya ga terbalas… tinggal Sibel. gw dukung Sibel x Fri. Mereka cocok. kalau ga lovers, gw percaya mereka bisa jadi saudara.

    mudah2an penerbit mo nerusin lagi nih komik pas udah lengkap.

  6. dulu baca komik ini pinjam sama teman, tapi blm sampe tamat. ada yang tau di mana bisa belinya yah? pengen koleksi. apa udah tamatkah?

  7. Kalau baca online di tenmanga sekarang sampe chapter 117, tapi kalau di Naver udah lebih update lagi, chapter 37 (Tenmanga 117 = Naver 23). Sayang Naver masih bahasa Korea, huhuhu….ada yang mau share terjemahannya?

  8. Masih ada lanjutannya lho, Scotty saking kangennya ama Lala, sering ke kamarnya yang kosong dan kamarnya ga boleh dipake ratunya buat Delika, anaknya Scotty ama ratu. Trus si Lila sembunyi soalnya ga mau dibawa balik ke castle Tor dan sembunyi di kamar Lala. Si Scotty nemuin si Lila di balkon trus si Lila pingsan.

    Scotty akhirnya nyelametin Lila (gila scene nya keren bgt, si Scotty nangis soalnya Lila mirip bgt ama ibunya, pokoknya g boleh mati deh, dijagain sampe anaknya bangun, Scotty nginget Lala terus bawaannya – walaupun kejam kalo uda cinta tetep kebayang ya ckckck) (Kapan ya Han buat POV nya Scotty sedih inget-inget Lala melulu – walaupun ada scene abis Lala meninggal dia tidur” an ama wanita lain tpi paling ngga masa dia ga ada sisi sentimental dikit ditinggal Lala, terus Scotty denger ga ya Lala bilang dia cinta Scotty, aduh hati ga kuat 😦 )

    Ada kabar si penulis tangannya uda sakit jadi dia sering g bisa gambar. Sekarang keluarnya per chapter aja di Naver, ga ada komik fisiknya setau aku.

    Bodohnya, koleksi Princess ku dri vol 1-30 uda ga tau kemana. Tau begini demen lagi mau nangis deh rasanya cuma bisa baca di inet. Hiks.

    • Iya saya juga baru baca lanjutannya. Scotty kayaknya ngga denger deh. Kalo denger mungkin dia nggak bakal nelantarin anaknya.

      Yang agak mengkhawatirkan sih nasibnya Eshilde yang ntah bakal gimana nanti. Mana dia diceritakan sakit2an gitu. Jangan2 mau dimatiin pula karakternya T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s